Rabu, 07 Maret 2012

Mengenal Material Pembuatan Boneka


Boneca  (Portugis) mainan menggemaskan. Mayoritas penggemarnya wanita, mulai anak-anak, remaja hingga dewasa. Bentuknya beragam dari waktu ke waktu, terutama berupa manusia, hewan atau fiksi.
 
Boneka ada sejak  zaman Yunani, Romawi atau Mesir kuno. Namun fungsi, bentuk, maupun bahan ternyata berbeda sekali antara boneka kuno dan sekarang. Material pembentuk boneka banyak ragamnya,  baik bahan dalam ataupun bahan luar.

 

Material Dalam

 
Kelembutan bahan luar dan isi dalam boneka tentu menjadi pertimbangan sebelum membeli. Boneka sering dipeluk,  jadi bagaimana mungkin boneka bisa memberi kenyamanan jika isinya material keras.
 
Bahan disesuaikan dengan bentuk boneka. Bahan berbulu panjang untuk boneka hewan berbulu dan bahan permukaan halus untuk boneka manusia atau semacamnya. Material yang sering digunakan.
 
1.     Dacron
Dacron paling banyak digunakan, terbuat dari serat kapas dengan  banyak tingkatan kualitas.
 
  1. 2.     Silikon
Menyerupai kelereng tapi lebih kecil dan akan terasa jika boneka dipeluk atau diremas.
 

Material Luar

 
Material luar tidak kalah penting karena penggunaan bahan luar mempengaruhi tampilan. Kita tahu, pembeli lebih dulu memperhatikan tampilan luar boneka. Bahan luar yang sering digunakan :
 
  1. 1.     Kain
  2. Kain yang digunakan untuk permukaan luar boneka  antara lain, Flanel Velboa , Rasfur, Nylex dan satin.
 
A.    Rasfur
berbulu-bulu panjang dan harga relatif mahal tergantung panjang bulu. Bahan Rasfur berwarna soft dan kurang variatif.
 B.     Velboa
Berbulu-bulu pendek dan harga lebih murah dibanding Rasfur. Pilihan warna lebih beragam (warna gelap dan terang).
C.     Nylex
Bahan lebih tipis, permukaan kasar dan harga murah. Banyak pilihan warnanya dan biasa dipakai untuk boneka manusia atau semacamnya. Seperti Upin, Doraemon, popeye etc.
D.     Yelvo
Sejenis Velboa, berbulu pendek namun terasa lebih halus dibandingkan velboa. Harganya mahal dan harus diimport. Tingkat elastisitas tinggi sehingga tidak semua penjahit mampu menjahitnya.  
  1. 2.     Aksesoris
  2. Manik-manik dan bahan sederhana lain bisa menambah nilai dan keindahan serta memperjelas bentuk boneka. (pita dan bahan cotton dijahit berupa baju).
Add to Cart

0 komentar:

Subscribe Now!